Catatan Facebook ZeroTwo Fkugm

Tautan Facebook ZeroTwo Fkugm

Kamis, 20 Agustus 2009

Email tentang SKP sebelum STR

Ada info terbaru yg kontroversial, membuat diriku kesal mendengarnya dan aku sempat protes ttg SKP yg baru bisa dihitung sejak kita mendapat STR.
Info ini waktu aku ikut PIT (Pertemuan Ilmiah Tahunan) Nasional I untuk Dokter Praktik Umum tgl 14-16 Agustus 2009 di Plaza Bapindo Jakarta. Info PIT ini ada di mailing list kita, dari Dwi Retno. http://groups. yahoo.com/ group/fkugm2002/ attachments/ folder/860852226 /item/list
Dwi juga ikut PITnya. Thanks ya Dwi atas infonya...
Ceritanya begini, waktu PIT ada 1 sesi ttg P2KB (Pengembangan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan) alias CPD (Continuing Professional Development) .
Topiknya ttg cara pengisian P2KB online lewat internet (liat diwww.idionline. org) dan kriteria memasukkan nilai2 SKP.
Kabar bagusnya, skrg SKP cukup 200 selama 5 tahun (dulu kan 250 SKP, udah didiskon 20% oleh KKI...diskon, sale, ..) dan ini pun baru kuketahui dari PIT. Di daerahku, IDI cabangnya (Ketapang, Kal-Bar) gak pernah bilang info ini tuh....
Kabar gak ga enaknya dan aku protes besar:
SKP baru bisa dihitung semenjak dokter memiliki STR.
Mari kita lihat STR masing2, punyaku biasa kusimpan dalam dompet.
Liatlah tanggal di belakangnya, tertanda Ketua KKI, punyaku tgl 28 Oktober 2008. Mgkn kebanyakan dari kita skitar Okt-Nov 2008.
Dampak dari kebijakan ini apa??
Ada peserta, dokter PTT dari Sulawesi Barat bertanya, "saya pelatihan ACLS sebelum saya dapat STR. Dihitung gak Bu?"
Pembicaranya (dr.Mahesa dan team): "tidak dihitung. baru dihitung sejak Anda mendapat STR."
Peserta: "Yah... (tampak kecewa).
Aku pun terkejut mendengar jawaban dari pembicara.
Aku tunjuk tangan dan mendapat giliran berbicara.
Aku: "Saya dr.Simon dari Ketapang, Kalimantan Barat. Saya terkejut mendengar ttg SKP tidak dihitung sebelom ada STR. Saya lulusan UGM, Agustus 2008. Sewaktu di UGM, kami pernah mengundang panitia dari P2KB (teman2 ingat gak waktu itu tgl 18 Juli 2008, sehari seblom Clinical Update 19-20 Juli 2008. Ada dekan kita, Prof.Hadyanto dan tim dokter dari JKT). Kami menanyakan ttg SKP dan katanya bisa dihitung sebelum mendapat STR. Saya juga panitia Clinical Update di UGM yg pernah mengadakan seminar sebelum kami mendapat STR. Ada 200an alumni UGM yang ikut. Juga kami ada yang ikut ACLS dan ATLS sebelum ada STR. Ini adalah tabungan SKP kami. Apakah semuanya menjadi sia2 dan tidak dihitung?? Mana peraturan yang mengatur ttg ini?
Hadirin: tepuk tangan.... dan banyak yg bisik2..
Pembicara: Nampaknya banyak yg ikut ATLS dan ACLS sebelum STR. Baiklah, kalo begitu, kami akan meninjau ulang dalam rapat ttg ATLS dan ACLS utk bisa dimasukkan SKP sebelum mendapat STR.
Sesi P2KB pun berakhir...
Untuk teman2ku semua dari UGM...
Mari kita perjuangkan SKP kita. Seingatku, sebelum mendapat STR, sambil menunggu pelantikan dokter dan setelah pelantikan dokter, angkatan kita (2002) banyak mengadakan seminar yg ada SKP IDI. Apakah semuanya akan menjadi sia2 aja SKP-nya?? Terutama Clinical Update yg pesertanya 200an orang dan SKPnya besar (12 SKP). Juga ada SKP dari pelatihan EKG dan yg lain.
Apakah SKP kita ini semua akan hangus sia2???
Melalui e-mail ini, saya meminta perhatian teman2. Apabila ada teman2 yg punya koneksi ke KKI, tlg tanyakan ttg kebijaksanaan ini. Mari kita perjuangkan SKP kita.
E-mail ini bersifat internal kita sesama dokter (terutama alumni UGM angkatan 2008, lulusan 2008). Harapan saya e-mail akan memberikan dampak positif dalam pengembangan kedokteran Indonesia, terutama kebijaksaan dari Bapak Ibu yg membuat aturan ttg dokter di Indonesia. Karena kebijakan SKP setelah STR akan berdampak besar.
Bayangkan, nantinya setiap mau pelantikan dokter, adik2 kelas kita akan malas mengadakan seminar ataupun workshop lagi. Karena SKP dari seminar yg mereka adakan, tidak bisa mereka pakai. Tidak seperti angkatan kita yg begitu semangat mengadakan seminar dan workshop. Bagaimana nasib pengembangan ilmu kedokteran nantinya???
E-mail saya ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak manapun. Semata-mata demi memperjuangkan SKP saya dan teman2 yg senasib. Semoga e-mail ini tidak membuat saya menjadi kasus Prita vs Omni...
Terima kasih atas perhatian teman2 semuanya...
dr.Simon Y. Liem
Ketapang, Kalimantan Barat

1 komentar:

Unknown mengatakan...

salam,
saya Dite dari pendidikan dokter angkatan 2005 yang akan disumpah akhir tahun ini. kami menghadapi permasalahan yang sama dengan kakak kakak, sebagian dari kami juga udah terlanjur ikut Acls tanpa kepastian yang jelas mengenai penghitungan SKP sbelum STR, selain itu angkatan kami juga mngadakan clinical updates 2011 tanggal 15 dan 16 januari ( www.clinicalupdates2011.wordpress.com )
saya ingin bertanya updates dari problem ini gimana ya ? apa sudah ada keputusan ?
terimakasih